Rabu, 11 Juni 2008

Indosat bangun cyber bus

Indosat bangun cyber bus

MAGELANG: PT Indosat Tbk bekerja sama dengan PO Nusantara meluncurkan cyber bus pertama di Indonesia dengan fasilitas ruang pertemuan lengkap dengan akses multimedia berkecepatan tinggi.

Andi Samsul Hadi, Head of Central Java & DIY Region Indosat, mengatakan terobosan baru tersebut untuk mengantisipasi pelanggan korporasi dengan mobilitas tinggi sehingga bisa tetap menjalankan aktivitas rapat selama dalam perjalanan.

"Perangkat multimedia yang tersedia dalam cyber bus ini menggunakan teknologi 3,5G dan broadband Indosat sehingga memungkinkan pelanggan melakukan berbagai akses dengan leluasa," ujarnya pada road sales cyber bus yang diuji coba melintas jalur Joglosemar (Yogja-Solo-Semarang) kemarin.

Dia menyebutkan fasilitas dalam cyber bus, antara lain telepon dan faximile menggunakan kartu Matrix yang terhubung ke GSM modem dengan fitur voice dan fax.

Fasilitas ini memungkinkan top manajemen yang melaksanakan meeting berjalan dalam cyber bus melakukan dan menerima panggilan sebagaimana layaknya telepon PSTN di kantor.

Selain itu, lanjutnya cyber bus ditunjang broadband 3.5G untuk mengakses sarana video conference di kantor secara virtual private network (VPN) sehingga kerahasiaan terjamin, Internet dan intranet mobile dengan kecepatan data 3,6 Mbps.

"Fasilitas Internet ini dapat berpindah otomatis ke layanan GPRS/EDGE saat berpindah ke wilayah yang belum terlayani 3,5 G sehingga terjamin koneksinya tak terputus di perjalanan," katanya.

Andi menambahkan kelengkapan lain adalah kemampuan akses e-mail korporasi baik secara exchange server maupun POP3, melakukan download atau upload data perusahaan dengan aplikasi server internal perusahaan.

Juru Bicara PO Nusantara Andi Darmawan menjelaskan perusahaan menginvestasikan dana Rp4 miliar lebih untuk membangun cyber bus dengan spesifikasi khusus.

"Kami mengimpor khusus untuk cyber bus ini, yaitu Volvo seri B12 M bermesin 12.000 cc dengan kemampuan 420 daya kuda," katanya.

Menurut dia, cyber bus dibangun selama dua tahun untuk menemukan bentuk yang ideal, baik eksterior maupun interior bus berkapasitas sekitar 12 orang tersebut. Bus memiliki fasilitas satu sofa panjang, dua kursi putar, dua kursi permanen, satu kursi refleksi, dua tempat tidur, lemari es, dan toilet.

Oleh Edy Barlianto
Bisnis Indonesia

0 komentar:

Original Design by : x-template.blogspot.com.

Modified by :...